Skip to main content

Resep Kue Bolu Ketan Item


Resep Bolu Ketan Diet Resep Bolu Ketan Putih oleh Aak Cookpad Campurkan telur dan gula
Resep Bolu Ketan Diet Resep Bolu Ketan Putih oleh Aak Cookpad Campurkan telur dan gula from 180375orderphenterminepilbat.blogspot.com

Kue bolu ketan item menjadi satu hal yang menarik untuk kita coba membuatnya. Ini adalah resep yang mudah dan cepat disiapkan, sehingga cocok untuk kue harian maupun kue untuk acara-acara tertentu. Kue ini juga bisa disiapkan dalam jumlah banyak, sehingga dapat menjadi alternatif bila kita ingin menyajikan kue untuk tamu. Resep kue bolu ketan ini juga tak memerlukan banyak bahan, sehingga dapat dibuat dengan biaya yang terjangkau. Berikut adalah resep kue bolu ketan item serta cara membuatnya.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue bolu ketan item:
  • 200 gram ketan hitam
  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • ½ sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml santan kental
  • 2 buah pisang tanduk, ukuran sedang, kupas kulitnya dan potong kasar-kasar

Cara Membuat Resep Kue Bolu Ketan Item

Langkah Pertama

Pertama-tama, kita harus mengupas kulit pisang dan potong-potong kasar-kasar. Setelah itu, kita bisa menghaluskan ketan hitam menggunakan blender atau food processor. Kemudian, campurkan ketan hitam yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata hingga tercampur merata.

Langkah Kedua

Setelah itu, kocok 5 butir telur dengan mixer hingga kental berjejak. Masukkan minyak goreng dan air jeruk nipis ke dalam adonan telur, aduk hingga merata. Lalu, tuangkan adonan telur ke dalam adonan kering tadi, dan aduk rata menggunakan spatula.

Langkah Ketiga

Selanjutnya, tuangkan santan ke dalam adonan, dan aduk rata. Masukkan pisang kasar-kasar yang sudah dipotong tadi, dan aduk rata hingga tercampur merata. Setelah itu, siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti, lalu tuangkan adonan ke dalam loyang.

Langkah Keempat

Setelah itu, panggang kue bolu ketan item tersebut di dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 25 menit. Setelah matang, angkat dan biarkan kue bolu ketan item tersebut dingin sebelum disajikan.

Komposisi Gizi

Berikut adalah informasi komposisi gizi dari resep kue bolu ketan item:
  • Karbohidrat: 87 gram
  • Protein: 8 gram
  • Lemak: 23 gram
  • Kalori: 462 kalori
Kue bolu ketan item yang kita buat ini memiliki kadar gizi yang cukup tinggi. Namun, jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit, kita dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat harian kita. Karbohidrat diperlukan untuk mengatur metabolisme tubuh, melepaskan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Namun, jika kita mengkonsumsi kue bolu ketan item dalam jumlah yang berlebihan, maka kita akan mengalami kenaikan berat badan. Karena itu, jangan mengkonsumsi kue bolu ketan item dalam jumlah yang berlebihan.

Kesimpulan

Resep kue bolu ketan item ini merupakan pilihan yang baik jika kita ingin menyajikan kue untuk tamu. Kue ini mudah disiapkan dan memiliki komposisi gizi yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat harian kita. Namun, jangan mengkonsumsi kue bolu ketan item dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar